Langsung ke konten utama

Mengenal Cara Kerja Headhunter Indonesia

Mungkin beberapa dari anda sudah tak asing dengan semua head hunter Indonesia atau executive search yang menyerahkan jasanya untuk perusahaan untuk mengerjakan rekruter profesional bagi posisi-posisi yang dapat dikatakan krusial di dalam perusahaan. Disinilah peranan headhunter bekerja, mereka akan menggali kandidat-kandidat yang memilki kapabilitas, empiris dan kesiapan untuk memenuhi posisi tertentu yang sedang diperlukan perusahaan.

Mengenal Cara Kerja Headhunter Indonesia

Seperti yang disebutkan tadi bahwa mereka (Headhunter Indonesia) ialah rekruter profesional yang memiliki cara dan kualifikasi tertentu agar dapat meloloskan kandidatnya ke dalam perusahaan sesuai keperluan perusahaan. Umumnya headhunter diminta oleh perusahaan untuk menggali orang-orang dengan kapabilitas top level manajerial, seringkali mereka ada di dalam perusahaan dan aktif bekerja, sampai-sampai tidak mungkin mengirimkan CV. Dengan tingkat keterdesakan perusahaan itulah headhunter menolong untuk menghijack semua pekerja profesional agar bisa bekerja di perusahaan klien mereka.

Namun seiring berkembangya waktu dan zaman headhunter sekarang tidak melulu mencari pekerja pada posisi top level manejerial saja, maka dari itulah mereka kini biasa dinamakan headhunter tidak lagi executive search. Hal ini mereka lakukan sebab untuk memenuhi keperluan perusahaan yang semakin mendesak dan mindset klien yang berubah tidak lagi mementingkan ongkos namun lebih untuk efisiensi, yang akhirnya memaksa mereka untuk menggali kandidat yang tepat bagi posisi staff dan setaranya.

Lalu bagaimana cara kerja headhunter Indonesia itu sendiri?

1. Mereka tidak bekerja bagi kandidat
Kebanyakan kandidat (job seeker) salah menafsirkan bahwa dengan menghubungi atau mengirim CV mereka ke headhunter Indonesia akan mempermudah mereka mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang diinginkan. Prinsip kerja rekruter profesional tidak seperti itu, mereka akan mengindentifikasi semua kandidat melewati track record di perusahaannya, ataupun dari sosial media layaknya linkedin ataupun facebook at work, jadi satu-satunya teknik untuk menemukan perhatian dari headhunter dan masuk ke dalam susunan pencariannya ialah dengan memasang CV sebaik mungkin di sosial media dan memilki prestasi.

2. Headhunter bekerja sesuai keperluan klien
Seperti yang dibicarakan diatas headhunter Indonesia bekerja sesuai dengan permintaan kliennya, jadi mereka akan masuk ke dalam seluruh proses kualifikasi (bukan sekedar identifikasi kandidat). Mulai dari evaluasi karakteristik, penilaian jati diri kandidat, dan kemampuan yang dicocokkan dengan permintaan klien. Headhunter pun akan menata jadwal wawancara kandidat dengan user klien. Headhunter bakal terus mengawal sampai kandidat lolos proses wawancara dan masuk ke dalam masa uji coba atau probation.

3. Headhunter tidak melakukan proses negosiasi gaji
Walaupun kandidat bakal ditangani sampai masa probation oleh headhunter Indonesia tetapi saat proses negosiasi gaji itu akan menjadi urusan kandidat dan HRD. Dan tidak bakal ada pemungutan ongkos sama sekali yang dilaksanakan oleh headhunter untuk kandidat sesudah negosiasi gaji. Headhunter akan menagihkan pembayaran untuk klien (perusahaan) yang sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Jasa Head Hunter

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Setir mobil tidak mau balik ke posisi semula Setelah Belok

Problem setir terbukti tak sedikit sekali mulai dari setir mobil terasa berat, setir mobil bergetar hingga setir mobil tak mau kembali seusai mobil belok.

Biasanya mobil normal, seusai belok setir bakal kembali terhadap posisi semula yakni posisi setir yang lurus. Tetapi berbagai mobil mempunyai persoalan setir tak mau kembali seusai melalui tikungan, dan dibawah ini merupakan berbagai penyebab mengapa setir mobil tak kembali seusai belok.


Penyebab setir tak mau kembali seusai belok

1.Spooring yang salah
Kesalahan aspek sudut geometri roda depan kendaraan juga bisa menyebabkan setir tak mau balik seusai mobil menikung. Kesalahan spooring ini bisa terjadi sebab bergesernya baut baut penyetel kampak bawah dari posisi semula. Untuk itu silahan memeriksa kondisi spooring terlebih dahulu. Biasanya aspek sudut caster dan toe in yang paling tak sedikit berpengaruh disini.

2.Ban mobil kempis
Salah satu faktor kecepatan putaran balik setir juga dipengaruhi oleh tekanan ban yang benar. Apabila t…

Cara Memilih Lensa untuk Kamera Canon Mirrorless

Cara Memilih Lensa untuk Kamera Canon Mirrorless - Saat membeli kamera tanpa cermin, ada pertanyaan sampingan yang sama pentingnya: Lensa apa yang saya butuhkan untuk benda ini? Kaca yang Anda tempatkan di depan sensor memainkan peran penting dalam bagaimana foto atau video Anda terlihat dan jenis foto apa yang dapat Anda ambil.

Ini juga keputusan yang rumit. Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti ketajaman, distorsi, kecepatan, prima atau zoom dan, yang paling penting, harga. Dalam panduan ini, saya akan menyentuh semua itu dan melihat beberapa lensa terbaik untuk kamera Canon MirrorlessSony, Canon, Nikon, Fujifilm dan Micro Four Thirds.
Apa yang kamu tembak?
Kamera Anda mungkin disertai dengan kit lensa yang disebut, mungkin zoom dalam kisaran 24-70mm (setara 35mm). Namun, sebagian besar lensa kit tidak berguna dalam cahaya rendah dan memiliki gambar yang biasa-biasa saja dan kualitas bangunan. Jadi, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya dengan setidaknya satu ata…